Karpet Kantor

Sadarkah anda bahwa sebagian besar gedung perkantoran memakai karpet sebagai alas lantai di ruangannya? Jika iya, mungkin anda bertanya-tanya mengapa ruangan kantor harus dipasangi dengan karpet. Nah perlu anda ketahui loh, bahwa fungsi penggunaan karpet di kantor tidaklah sama dengan penggunaan karpet di rumah.

Jika biasanya karpet di ruang keluarga, ataupun kamar tidur digunakan sebagai alas untuk duduk atau rebahan dengan santai, karpet kantor memiliki fungsi yang berbeda. Berikut merupakan  penjelasannya.

Fungsi Penggunaan Karpet Sebagai Alas Lantai Kantor

Berikut merupakan beberapa fungsi karpet kantor yang mungkin tidak anda sangka sebelumnya.

1. Untuk meredam bunyi

karpet tile motif

Kantor merupakan area yang sibuk. Tak heran jika, orang seringkali berlalu-lalang untuk menyelesaikan pekerjaannya. Ntah itu pergi memfotokopi dengan mesin, berjalan ke ruangan meeting, dan lain sebagainya.

Seluruh kegiatan lalu lalang tersebut pastilah dapat menimbulkan suara gaduh akibat dari sepatu dan lantai yang saling bergesekan. Padahal area kantor haruslah tenang dan kondusif agar karyawan lain tidak merasa terganggu, juga bisa bekerja dengan fokus.

Nah untuk mengatasi terjadinya kegaduhan tersebut, maka digunakanlah karpet pada lantai. Bahkan khusus untuk ruangan tertentu, seperti ruang kerja atasan dan ruang rapat, karpet dipasang juga pada bagian dinding agar tidak bising.

2. Demi alasan keselamatan

Tak sedikit karyawan wanita yang memakai heels ataupun wedges saat bekerja. Pemakai kedua jenis sepatu ini sangat rawan terpeleset saat berjalan di lantai biasa. Nah untuk meminimalisir terjadinya cedera karena terpeleset, maka lantai kantor pun dipasangi dengan karpet.

3. Sebagai media untuk menyembunyikan kabel listrik

karpet penutup kabel

Di kantor biasanya terdapat banyak perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain, baik untuk keperluan berbagi data, menyambung ke printer, dan lain sebagainya. Nah biasanya media penghubung yang digunakan adalah kabel.

Banyaknya kabel yang berserakan di mana saja tentu akan menimbulkan resiko bahaya. Oleh karena itu, dalam hal ini karpet sangat dibutuhkan untuk menyembunyikan kabel-kabel tersebut agar tertata dan tersimpan lebih aman. Dengan menyembunyikan kabel di bawah karpet kantor, area kerja terlihat menjadi lebih rapi, bersih, dan enak dipandang.

4. Untuk alasan kemudahan perawatan dan pembersihan

pembersihan Karpet Kantor

Untuk membersihkan dan merawat lantai kantor yang tidak dilapisi dengan karpet, biasanya dilakukan dengan cara disapu dan dipel. Cara ini tentu ribet, tidak praktis, dan melelahkan. Nah daripada susah, maka digunakanlah karpet sebagai alas lantai. Karpet kantor hanya perlu dibersihkan dan dirawat dengan menggunakan alat penghisap debu.

5. Menambah kenyamanan

Permukaan karpet yang lembut, empuk, dan tebal bisa menambah kenyamanan kantor. Selain itu, dengan menggunakan karpet, kantor dapat terlihat lebih bersih dan tidak mudah kotor

6. Menambah keindahan dan nilai estetika ruangan

motif karpet kantor

Di pasaran karpet dijual dalam berbagai macam bahan, model, dan motif. Ada karpet dari bahan wol, kulit binatang, nilon, vinyl, dan masih banyak lagi. Soal motif, ada karpet yang polos, bermotif geometris, dan lain sebagainya.

Nah semua jenis karpet tersebut pada dasarnya dapat memberikan nilai estetika dan keindahan pada ruangan kantor. Motif dan warnanya yang menarik membuat karyawan tidak jenuh dan lebih bersemangat saat kerja.

7. Melindungi lantai dari kerusakan

Gesekan antara kaki kursi, meja atau benda-benda lainnya terkadang menimbulkan guratan bahkan retakan pada lantai. Nah dengan menggunakan karpet, hal tersebut bisa diminimalisir sehingga lantai pun terlindungi.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat dan fungsi dari karpet kantor. Semoga artikel di atas bisa memberikan anda inspirasi ya!

Leave a Reply