Tata Cara Memasang dan Merawat Lantai Vinyl dengan Baik dan Benar

Produk Penutup Lantai Vinyl – Sekarang ini penggunaan  sebuah produk penutup lantai seperti vinyl lantai memang semakin meningkat drastis. Mungkin dulu penutup lantai jenis ini hanya dapat di temui pada sebuah gedung, perkantoran ataupun juga sebuah rumah sakit saja. Namun dengan semakin berkembangnya jaman dan juga meningkatnya gaya kehidupan yang ada di masyarakat, kini vinyl lantai juga telah menjadi sebuah kebutuhan interior rumah yang sangat umum.

Saat ini untuk bisa mendapatkan sebuah produk penutup lantai jenis ini juga bisa dibilang cukup mudah. Pasalnya kini sudah banyak sekali toko yang jual vinyl lantai tersebut, entah itu di jual secara offline ataupun online. Tentu ketika anda akan membeli sebuah produk penutup lantai, anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis dari produk tersebut. Tidak mungkinkan anda membeli sesuatu yang anda juga tidak tahu itu apa.

Untuk proses pemasangannya sendiri tentu berbeda dengan jenis penutup lantai lainnya. Seperti contohnya penutup lantai jenis keramik yang memerlukan semen dalam proses pemasangannya. Pada proses pemasangan lantai vinyl ini terbilang gampang-gampang susah. Akan sangat terlihat mudah jika di tangani oleh orang yang memang sudah ahlimya dan juga akan sangat susah jika di lakukan oleh orang yang memang bukan ahlinya.

Cara Memasang Lantai Vinyl

Cara memasang lantai vinyl juga sebenarnya memiliki beberapa tahapan, di antaranya tahap persiapan, pemotongan dan juga pemesangan. Dan berikut ini akan kami ulas sedikit mengenai cara memasang lantai vinyl dengan baik dan benar.

Cara Memasang Lantai Vinyl

  • Tahap Persiapan

Pada tahap persiapan ini yang perlu anda perhatikan adalah lantai terlebih dahulu harus  dalam keadaan kokoh rata, halus dan juga kering. Tidak ketinggalan juga untuk membersihkan dan mengeringkan lantai sebelum melakukan pemasangan. Untuk mempermudah ketika pemasangan di lakukan lakukan juga pengukuran yang tepat pada lantai yang akan di aplikasikan vinyl lantai tersebut. Ini bertujuan agar ukuran vinyl lantai bisa sesuai dengan ukuran lantai yang akan di pasangi itu.

  • Tahap Pemotongan

Tentunya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari pemasangan vinyl lantai, mungkin nantinya vinyl perlu di lakukan pemotongan, terlebih ketika proses pemasangan pada bagian sisi dekat dinding. Oleh sebab itu pada tahap awal untuk proses pengukuran haruslah sesuai dan akurat. Nantinya ini akan berdampak pada vinyl yang di pasang, bisa saja pas, kurang atau bahkan malah kurang.

  • Tahap Pemasangan

Ini adalah tahap terakhir pada proses pemasangan lantai vinyl dan bahan yang di butuhkan tentunya lem khusus vinyl lantai. Terlebih dulu siapkan lem khusus untuk di jadikan bahan perekat. Oleskan secukupnya secara merata pada permukaan lantai dan juga permukaan dasar vinyl. Lalu segera tempelkan vinyl tersebut pada lantai dengan mengikuti garis ukuran yang sebelumnya telah di buat ketika pengukuran.

Mungkin itu terlihat simple dan juga sederhana, namun tetap saja jika anda  melakukannya sendiri itu membutuhkan waktu yang cukup banyak dan juga tenaga yang tidaklah sedikit, apalagi anda bukan ahli pada bidang tersebut.

Umumnya sebuah tempat jual produk penutup lantai seperti  contohnya toko kami, itu juga akan sekaligus menyediakan jasa pemasangan untuk semua produknya. Jadi ketika anda ingin membeli sebuah produk penutup lantai, anda tidak perlu dipusingkan dengan proses pemasangannya.

Setelah vinyl lantai bisa di pasang dengan baik, tentunya  pekerjaan anda tidak berhenti disitu saja. Agar lantai vnyl nantinya bisa terus terlihat bersih dan menarik tentu ada beberapa hal perawatan yang juga perlu di lakukan. Ini juga menjadi salah satu cara untuk membuat lantai vinyl tersebut bisa lebih awet dan tahan lama. Kami yang juga merupakan salah satu perusahaan yang menjual produk penutup lantai seperti lantai parket, lantai vinyl motif kayu dan juga lantai kayu, akan memberikan sedikit tips yang baik dalam merawat vinyl lantai agar bisa awet dan bisa bertahan lama.

Cara Merawat Lantai Vinyl Supaya Lebih Awet Dan Tahan Lama

Untuk cara merawat sebuah lantai vinyl sebenarnya hampir sama dengan cara merawat lantai kayu, hanya saja yang membedakan di antara keduanya adalah penggunaan air yang tidak boleh terlalu banyak pada lantai jenis kayu, sebeb itu bisa membuat lantai kayu menjadi lebih cepat lapuk dan jamuran.

Pada sebuah perawatan harian anda bisa mengguakan pembersih lantai seperti Vacum Cleaner dengan nozzle bulu yang lebih lembut. Ketika menyapu atau sweeping lantai ada beberapa langkah yang harus di perhatikan, di antaranya :

  • Cek lantai tersebut dan pastikan jika lantai memang telah benar-benar bersih dari kotoran yang terlihat oleh mata seperti contohnya potongan kertas, debu tebal, rambut dan lain sebagainya. Bersihkan dan angkat kotoran tersebut dengan menggunakan pengki.
  • Apabila di temukan noda yang sedikit membandel, anda bisa menggunakan sebuah semprotan MPC , lelu gosok noda tersebut menggunakan kain lembut hingga bersih. Kemudian anda bisa mengeringkannya menggunakan kain lap kering.
  • Ketika menyapu atau mempersihkan lantai dari kotoran, akan lebih baik jika anda mengumpulkan kotoran itu terlebih dahulu pada sudut ruangan lalu mengangkatnya menggunakan pengki dan buang pada tempat sampah.
  • Saat melakukan pengepelan pada lantai jenis ini, usahakan jika pel tidak terlalu banyak mengandung air. Sebab ini justru hanya akan menambah kotor lantai, bukan membuatnya menjadi bersih.
  • Dalam proses pembersihannya, ini akan sangat baik jika di lakukan secara rutin.

Jika anda membutuhkan sebuah produk penutup lantai dengan kualitas yang terbaik dan juga terlengkap, tentu kami adalah salah satu pilihan yang paling tepat. Selain anda bisa mendapatkannya secara langsung dengan datang ke toko, kami  GREENFLOOR juga melayani penjualan secara online dan tentu dengan pelayanan yang baik pula.

Leave a Reply