Dengan jenis rumah modern yang kini mulai banyak berkembang, tidak sedikit juga yang mengaplikasikan jenis penutup lantai parket untuk jadi pelapis lantai rumah-rumah tersebut. Tujuannya adalah untuk memberikan alami pada ruangan rumah dan juga sekaligus memberikan efek hangat dan estetika.

Untuk penggunaan jenis lantai parket juga umumnya akan sering di temukan pada kamar tidur, tangga, ruang keluarga dan juga tidak terkecuali ruang dapur. Dengan jenis parket yang memiliki sifat natural maka jenis penutup lantai ini bisa berbaur dengan beberapa tema yang pastinya juga bervariatif seperti contohnya tema ruangan minimalis, konteporer sampai dengan tema klasik.

Pada sebuah hasil yang memuaskan tentunya juga ada sebuah kerja keras di dalamnya, dan itu juga berlaku untuk jenis penutup lantai ini. Di balik keindahannya dan juga tampilannya yang menarik tentunya juga ada beberapa perawatan yang mesti di lakuakan untuk membuat penutup lantai ini tetap indah dan juga menarik.

Berikut ini greenfloor.co.id akan memberikan beberapa ulasan tentang cara merawat penutup  lantai jenis parket benar dan sesuai :

  • Rajin di sapu

 

 

Ini tidak ada bedanya dengan jenis penutup lantai lainnya, seperti vinyl ataupun keramik. Lantai parket juga harus di sapu setiap hari ada kotoran dan juga debu tidak menempel dan menumpul pada permukaan parket.  Agar hasilnya bisa lebih maksimal, aan lebih baik lagi jika menggunakan sapu dengan berbulu lembut atau bisa juga memakai vacuum cleaner.

  • Hindari dari kelembapan

Musuh utama dari jenis kayu adalah kelembapan, oleh karena itu jangan sekali-kali membersihkan jenis lantai kayu ini dengan cara di pel menggunakan kain yang terlalu basah, itu cukup di lakukan pengelapa dan juga di sapui saja.

Apabila di lakukan pengepelan pada jenis lantai kayu ini, tentu air pel yang mengendap pada kayu nantinya bisa menyebabkan pelapukan pada lantai tersebut. Untuk menghindari dari kelembapan anda mungkin juga bisa menggunakan beberapa produk bahan kimia anti rayap.

  • Bersihkan menggunakan lap kering

Apabila lantai parket terkena noda air ataupun noda basah lainnya maka segeralah lap menggunakan lap kering. Akan tetpi jika noda tersebut terbilang sangat membandel anda juga bisa mengatasinya menggunakan perasan air jeruk lemon. Caranya sangat mudah, yang perlu anda lakukan hanyalah meneteskan air jeruk lemon tersebut pada noda diamkan beberapa saat lalu lap menggunakan lap kering.

  • Pindahkan posisi perabot secara rutin

Untuk rumah yang berada pada area tropis maka lantai parket memerlukan beberapa perawatan yang exstra agr warna pada parket tersebut tidak cepat pudar. Dan solusinya adalah dengan cara memindahkan perabot rumah tersebut secra rutin minimal 3 bulan sekali dengan tujuan agar warna pada parket tersebut tidak cepat pudar dan juga kebersihan lantai parket bisa tetap terjaga.

  • Gunakan pelapis lantai

Untuk menjaganya tetap awet dan juga terpelihara dengan baik, maka ada bagusnya jika melapisi parket dengan pelapis lantai seperti karpet atau juga bisa pakai permadani. Untuk menjaga anggota keluarga di rumah gunakanlah jenis pelapis lantai yang tidak licin dan mudah terseger.

 

 

Leave a Reply